Awas Karbohidrat Dapat Menyebabkan Diabetes

Anda pasti pernah mendapatkan saran untuk tidak sama sekali mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat di lingkungan Anda. Hal tersebut terjadinya karena peningkatan angka kejadian penyakit diabetes.

Jika pernah mendengarkan saran tersebut, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi sama sekali karbohidrat, tetapi membatasi konsumsi karbohidrat. Konsumsi terlalu sering karbohidrat dapat menyebabkan peningkatan pada gula dalam darah sehingga menjadi faktor pemicu terjadinya diabetes.

Lalu bagaimana bisa karbohidrat dapat menyebabkan penyakit diabetes?

Ketika makanan yang mengandung karbohidrat dikonsumsi, enzim pada system pencernaan akan mengolah serta memecah karbohidrat menjadi glukosa. Kemudian glukosa mengalir dalam darah dan ke sel-sel tubh sehingga terjadi proses peningkatan gula dalam darah.

Pada saat kadar gula dalam darah ada tubuh meningkat, kemudian pankreas memproduksi sel beta hingga tebentuklah hormone insulin. Insuin merupakan suatu hormo yang bertugas memecah glukosa sehingga gluosa mudah terserap oleh sel-sel tubuh dan digunakan sebagai bahan bakar utama terbentuknya energi.

Pada saat tubuh mengalami deficit glukosa maka pankreas memproduksi sel alfa dan melepaskan hormone glukagon. Hormon ini berfungsi melepaskan glikogen, dan glukosa yang disimpan oleh hati. Kedua hormone tersebut membantu tubuh dalam mengolah kadar gula dalam darah dalam batas normal, hingga menjaga kadar gula dalam sel otak.

Insulin disini bertugas menurunkan kadar glukosa ketika terjadinya peningkatan gula da;am darah yang teralalu tinggi, sedangkan glukagon menaikkan kembali kadar gula ketika terlalu rendah.

Seringnya terjadi kenaikan gula dalam darah dalam tubuh, menyebabkan tubuh tidak sensitive terhadap insulin, sehingga dapat merusak fungsi metabolisme dalam tubuh.Hal tersebut menajdi pemicu seseorang mengalami retensi insulin, hingga menyebabkan kegagalan fungsi pankreas.

Efek samping dari terjadinya retensi insulin dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti, tekanan darah tinggi atau hipertensi, terjadinya penurunan kolestrol baik dalam tubuh, berat badan meningkat, peningkatan lemak dalam darah, serta berbagai macam penyakit kronis.

Keadaan tersebut dikenal dengan sindrom metabolisme, dan biasanya sindrom tersebut merupakan salah satu faktor pemicu seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2. Untuk menghindari terjadinya sindrom tersebut, Anda dapat mengkonsumsi karbohidrat alami seperti brokoli,sayur-sayuran, serta biji-bijian, melakukan olahraga secara rutin, serta mengkonsumsi obat penurun diabetes.

Salah rekomendasi obat alami penurun diabetes adalah minum kolagit asli. Produk herbal ini beberapa tahun terkahir ini menggemparkan kalangan penderita diabetes akan khasiatnya. Dengan khasiatnya yang manjur membuat banyak pihak membuat produk tiruan. Anda bisa mencari informasi tentang kolagit asli dan palsu sebelum membeli herbal tersebut.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar, membatasi konsumsi karbohidrat dan memlih sumber karbohidrat alami merupakan pilihan yang tepat, terutama bagi penderita diabetes, hukumnya wajib.