Yukusaha.id: Cara Budidaya Tanaman Hias untuk Pemula

  • January 26, 2021
  • Hobi

Budidaya tanaman hias kini menjadi hobi banyak kalangan, terutama wanita yang banyak menghabiskan waktunya di rumah. Tanaman hias sendiri, memiliki banyak variasi yang bisa Anda pilih berdasarkan selera dan kondisi lingkungan. Nah bagi pemula, terdapat cara budidaya tanaman hias yang bisa diikuti melalui artikel ini.

Cara Budidaya Tanaman Hias

Tak semudah seperti menikmatinya, Anda perlu melakukan berbagai proses untuk menghasilkan tanaman hias yang indah dan menarik. Jika tak dirawat dengan baik, tanaman hias jelas akan mati dan tak bisa berkembang. Untuk mengaplikasikannya, berikut ini rekomendasi.

Persiapan

Langkah pertama sekaligus utama yang harus dilakukan tentu adalah persiapan, ini dilakukan dengan cara menyiapkan kebutuhan yang diperlukan sebelum memulai. Kebutuhan tersebut meliputi pemilihan jenis tanaman hias yang bakal dibudidayakan, termasuk alat dan perangkat untuk menanam dalam jangka panjang.

Memilih Jenis Tanaman Hias

Pemilihan tanaman hias merupakan bagian penting, setiap orang akan memiliki selera berbeda pada masing-masing individu. Spesiesnya sendiri beragam, mulai dari anggrek, krisan melati dan lain-lain.

pemilihan tanaman hias yang akan dibudidayakan sangat penting, karena setiap tanaman hias membutuhkan perawatan dan kebutuhan masing-masing individu. Pemilihan harus Anda sesuaikan dengan selera serta kondisi lingkungan yang mendukung.

Siapkan Media Tanam

Siapkan media tanam serta alat lain sebagai pendukung, mulai dari sekop kecil, pot, semprotan, pupuk serta kompos. Selain beberapa alat tersebut, Anda cukup menyediakan air untuk tanaman Anda.

Proses Tanaman Hias

Tahap penanaman tak bisa dilakukan secara serampangan, Anda perlu memperhatikan sejumlah aspek seumpama ruang penempatan. Berikut ini langkahnya:

  1. Siapkan pot bersamaan dengan media tanam yang telah disediakan. Jika jenis tanaman menggunakan tanah sebagai media tanam, campurkan terlebih dulu dengan kompos. Tujuannya, untuk memberi nutrisi pada tanaman.
  2. Penanaman media perlu dilakukan sebelum menanam langsung tanaman hias tersebut, agar kompos terserap dengan baik di tanah.
  3. Jika siap, tanam tanaman berdasarkan jenisnya. Ada yang dapat ditanam dari biji maupun dari bibit.
  4. Jika benih tanaman hias telah siap ditanam, maka Anda perlu meletakkan tanaman yang ada di media tanaman di dalam pot. Selanjutnya, siram tanaman menggunakan banyak air.
  5. Beberapa hari setelah penaburan, Anda harus memastikan jika kebutuhan air tanaman hias telah tercukupi sehingga benih bisa tumbuh dengan baik.

Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah melalui tahap persiapan, Anda harus menanam dengan baik agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan maksimal. Perlu perawatan secara intensif agar tanaman bisa bertahan, berikut ini prosedurnya.

Penyiraman

Penting untuk menyiram secara teratur setiap hari guna memenuhi kebutuhan air Anda, ini merupakan bagian dari fotosintesis untuk menjaga kelangsungan. Massa air yang diberikan juga harus disesuaikan dengan jenis tanaman yang digunakan.

Penyiangan

Rutin bersihkan gulma serta rumput liar yang terdapat di sekitar media tanam, lantaran gulma dapat membantu pertumbuhan pada tanaman sekaligus mengambil nutrisi di dalam tanah.

Pemupukan

Berikan nutrisi yang tepat guna meningkatkan pertumbuhan tanaman hias. Anda harus menggunakan kompos atau pupuk kandang berdasarkan kebutuhan jenis tanaman Anda.

Pemberian Pestisida dan Insektisida

Resiko penyerangan hama atau penyakit sangat mungkin terjadi. Anda harus memberikan pestisida atau sejenis insektisida untuk memastikan tanaman Anda aman dari serangan penyakit yang membuat tanaman mati.

Nah, itulah cara budidaya tanaman hias yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli dan merawat tanaman hias. Pastikan menerapkan seluruh proses yang diberikan.