Cara Maklonesia Memproduksi Kosmetiknya

Tim Cohen Bisnis

Produk kosmetik sudah selayaknya diproduksi secara benar baik dari segi komposisi atau bahan maupun dari segi pemasarannya. Di Maklonesia, semua produk kosmetik dibuat mengikuti alur yang sudah ditentukan dari mulai briefing singkat hingga soal pemasaran. Anda akan mendapatkan paket lengkap ketika membuat produk kosmetik di Maklonesia. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini.

Cara Maklonesia Membuat Produk Kosmetik

Ada beberapa langkah yang dilakukan Maklonesia untuk membuat produk kosmetik, yakni;

Briefing produk

Sebagai maklon kosmetik profesional, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan melakukan briefing antara klien dengan pihak Maklonesia. Briefing ini sangat penting dilakukan untuk memahami produk seperti apa yang diinginkan klien. Biasanya, ini menyangkut beberapa hal seperti;

  • Kategori produk apa yang dibuat
  • Target pasarnya siapa saja
  • Manfaat apa yang ingin ada di dalam produk
  • Bau, warna dan tekstur

Setelah disepakati dengan pihak klien, maka briefing dilanjutkan di meja tim internal Maklonesia. Di sini kami akan membuat produk sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati bersama dengan klien.

Formulasi produk

Jika sudah disepakati semua baik di pihak klien maupun tim internal, maka langkah berikutnya adalah eksekusi di tahap formulasi produk. Nantinya, akan ada timeline produksi sehingga klien bisa melihat perkembangan pengerjaan produk kosmetik yang sedang berlangsung. Formulasi produk ini dibuat oleh tim ahli bersertifikat untuk menghasilkan produk sesuai dengan kesepakatan.

Di sini, pertimbangan paling utama adalah kesehatan dan keamanan produk. Ini karena produk harus memenuhi standar tinggi termasuk harus lolos uji BPOM dan Halal MUI. Dengan demikian, proses formulasi bisa membutuhkan sedikit waktu sebelum akhirnya produk yang tepat ditemukan. Beberapa uji coba mungkin dilakukan agar produk benar-benar sesuai dengan keinginan klien. Tim ahli Maklonesia akan melakukan yang terbaik untuk Anda.

Persiapan bahan baku

Jangan sampai ketika produk kosmetik siap diluncurkan, kemudian Anda mengalami kekurangan bahan baku. Bahan baku juga harus menjadi prioritas pada saat proses formulasi. Apakah bahan baku yang digunakan memiliki suplai memadai dan jangka lama. Apakah bahan baku bisa didapatkan dari pasar dalam negeri atau beberapa bahan harus diimpor dari luar? Semua ini patut dipertimbangkan dengan matang sehingga begitu produk diluncurkan, semua aman terkendali.

Desain dan tampilan produk

Setelah Anda mengetahui bahwa bahan baku dalam posisi aman, maka langkah berikutnya sebelum launching adalah tentang tampilan. Desain visual produk akan seperti apa termasuk bentuk kemasan dan ukurannya. Semua ini akan ditentukan dengan pertimbangan pasar atau marketnya. Mungkin ada produk dengan ukuran paling kecil dan besar menyesuaikan target market.

Secara singkat, semua ini dibutuhkan kerjasama yang solid baik dari pihak klien maupun tim internal Maklonesia. Produk kosmetik harus dibuat sesuai dengan standar tinggi dan harus disukai oleh masyarakat. Di akhir tahapan, Maklonesia akan melakukan pemasaran bersama dengan tim digital marketing. Produk tersebut dari sisi kandungan dan manfaatnya pun harus disampaikan pada target pasar agar produk dapat diterima dengan baik.