Ternyata Mudah, Begini Cara Pasang Set Top Box TV Digital

Tim Cohen Teknologi

Mulai Rabu tanggal 2 November 2022 Kominfo telah resmi menutup siaran TV analog khususnya di wilayah Jabodetabek. Siaran TV Analog ini digantikan oleh siaran TV digital yang menyediakan tayangan yang baik kualitas gambar dengan suara lebih jernih. Namun siaran tv digital ini memerlukan alat tambahan berupa Set Top Box (STB). Tak perlu khawatir, karena harga STB masih sangat terjangkau.

STB merupakan sebuah alat atau perangkat yang bekerja layaknya converter. Fungsinya adalah menangkap sinyal digital. Dengan sinyal inilah Anda bisa menyaksikan tayangan yang disiarkan oleh TV digital. Namun kenapa siaran TV analog ini harus dimatikan dan bagaimana cara memasang STB TV digital? Simak ini hingga akhir.

Inilah Alasan kenapa TV Analog dimatikan

Sesuai dengan Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, pemerintah mulai memindah siaran TV analog ke sistem digital. Program pemindahan atau peralihan ini disebut dengan ASO atau Analog Switch Off. Dari aturan tersebut mau tak mau masyarakat harus mengganti tv analognya dengan TV digital. 

Pergantian ini tentunya memerlukan bantuan alat tertentu yaitu STB. Alasan utama mengapa pemerintah melakukan migrasi pada siaran TV ini tak lain karena siaran melalui transmisi analog sangat rentan. Terutama rentan terhadap gangguan yang dapat mengakibatkan gambar di TV Anda tak lagi jernih.

Alasan lainnya adalah, pemerintah mengharapkan dengan porgram ASO ini, masyarakat bisa menyaksikan lebih banyak lagi konten yang tersedia pada siaran televisi. Apa yang pemerintah lakukan ini bukannya tanpa sebab. Anda bisa buktikan sendiri, jika dulu saat mengunakan TV analog, Kepulauan Riau hanya bisa menikmati 6 siaran TV.

Dengan migrasi ke TV digital, salah satu provinsi di Indonesia ini bisa menikmati siaran televisi lebih dari 20 channel.

Selain itu, teknologi pada TV analog nyatanya memakan sumber daya yang cukup besar. Yaitu pada spektrum 700MHz. Dengan program digitalisasi ini pemerintah mengharapkan adanya frekuensi kosong sebagai hasil efisiensi. Luas frekuensi kosong yang dimaksud adalah sebesar 112 MHz. 

Dari frekuensi ini pemerintah berencana akan menggunakannya sebagai komunikasi saat bencana melanda serta penyelenggaraan internet nirkabel berkecepatan tinggi 4G LTE.

Seperti yang tertera di atas, untuk bisa menikmati siaran TV digital, Anda perlu sebuah STB. Alat ini bisa Anda pasang pada TV analog. Dengan demikian Anda tak perlu membeli televisi baru. Untuk harga STB, Anda tak perlu khawatir, karena alat ini harganya cukup terjangkau. Jadi tak akan menguras kantong Anda.

Lalu jika telah memiliki Set Top Box, bagaimana cara untuk memasangnya? Silakan Anda ikuti step by step panduan memasang STB berikut ini.

Cara Pasang Set Top Box TV Digital

Sebelum memasang STB pada televisi analog, ada baiknya periksa dan pastikan dahulu apakah siaran TV digital tersedia di wilayah Anda. Untuk mengetahuinya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi TV digital. Aplikasi ini bisa Anda temukan di Play Store atau App Store.

Setelah memastikan siaran TV digital bisa diakses barulah Anda pasang STB pada TV analog. Cara untuk memasang STB ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Anda sudah memiliki perangkat STB dengan jenis DVB-T2 dan pastikan kalau perangkat tersebut telah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah. Dalam hal ini adalah Kominfo.

  2. Satu paket STB biasanya lengkap dengan remote, adaptor, kabel RCA (berwarna merah, kuning, putih), buku panduan serta kartu garansi.

  3. Selanjutnya siapkan STB dan TV analog yang Anda miliki dan pastikan TV dalam keadaan power off. 

  4. Kemudian cabut kabel antena yang masih terpasang pada TV analog.

  5. Hubungkan kabel antena tersebut pada port yang bernama ANT IN. Port ini biasanya terletak pada bagian punggung STB.

  6. Setelah terpasang, berikutnya hubungkan kabel HDMI dari port STB ke TV analog.

  7. Apabila TV analog belum support HDMI, Anda bisa menghubungkannya dengan kabel AV yang punya tiga ujung konektor. Konektor ini biasanya berwarna merah, kuning dan putih.

  8. Lalu hubungkan STB dengan daya listrik kemudian nyalakan STB dan TV analog.

  9. Ketika TV telah menyala, silakan Anda masuk pada menu pengaturan TV analog dan pilih mode AV.

  10. Saat menu STB telah muncul, silakan pilih pencarian saluran.

  11. Simpan saluran siaran digital jika telah muncul dalam pencarian yang Anda lakukan. 

  12. Proses memasang peralatan elektronik STB selesai. Silakan Anda menikmati siaran digital melalu TV analog bersama keluarga tercinta.

Bagaimana, cara memasang STB cukup mudahkan? Dengan begitu Anda bisa melakukan instalasi STB ini sendiri tanpa perlu bantuan teknisi.

Bagi yang ingin membeli Set Top Box dan tak punya cukup dana, Anda bisa memanfaatkan aplikasi SPayLater dari Shopee. Anda bisa pilih harga set top box tv digital dan membelinya secara mudah. Anda pun boleh mencicil selama 12 bulan sekaligus berkesempatan meraih cashback sampai dengan Rp 1 juta. Jadi tunggu apalagi, gunakan aplikasinya segera