Ford Fiesta 1000 cc EcoBoost 2014 Dengan Tenaga Maksimal

Kali ini kita mendapatkan sebuah unit test drive New Ford Fiesta EcoBoost 1.0-liter 2014. Dari eksterior nampaknya tidak ada yang berbeda dengan New Ford Fiesta 1.5-liter, namun di balik kap mesinnya kita akan menemukan sebuah mesin yang berbeda dengan jumlah silinder yang lebih kecil namun di klaim memiliki tenaga yang lebih besar.

Penampilan dari Ford Fiesta EcoBoost 1.0-L ini nyaris tidak ada bedanya dibandingkan dengan Ford Fiesta tipe S 1.5-L. Yang membedakan hanya ada pada body kit depan dan body kit belakang yang sangat minimalis, sehingga meskipun sudah dibekali body kit sekalipun, sepertinya mobil ini masih terlihat sama dengan varian Ford Fiesta S sebelumnya. Sedangkan pada bagian belakang, kita akan menemukan emblem EcoBoost di sebelah kiri pintu belakang yang menunjukan bahwa mobil ini merupakan varian dengan mesin yang berbeda.

Mesin Ford Fiesta EcoBoost 1.0-L ini merupakan mesin yang sudah pernah mendapatkan penghargaan ‘International Engine of The Year’ 2 kali berturut-turut yaitu pada tahun 2012 dan 2013. Ford Fiesta EcoBoost 1.0-L ini merupakan mesin dengan kapasitas 1.000 cc dan hanya memiliki 3 silinder, namun bukan mesin kecil biasa seperti mesin 1.000 cc pada umumnya, karena mesin mobil ini dilengkapi dengan turbocharger dan direct injection. Penggunaan cc yang kecil membuat mobil ini lebih hemat bahan bakar 20% dan emisi gas buangnya lebih kecil 15% dibandingkan dengan mesin yang memiliki output tenaga yang sama.

Ford memberikan banyak inovasi terhadap mesin ini untuk mengurangi kelemahan-kelemahan mesin 3 silinder pada umumnya. Selain menggunakan teknologi turbo dan direct injection, Ford juga memberikan seperangkat teknologi mutakhir seperti misalnya blok mesin yang terbuat dari cast iron (besi cor), Ford sengaja tidak memberikan blok mesin alumunium karena blok mesin dengan cast iron 50% lebih cepat panas dan kuat meskipun memberikan bobot lebih berat. Namun tetap lebih ringan karena blok mesin mobil ini dimensinya hanya sebesar kertas A4.

Ford Fiesta Ecoboost mesinLalu untuk mengatasi getaran mesin akibat penggunaan 3 silinder yang tidak imbang, Ford memberikan flywheel yang dilengkapi dengan balance shaft. Jadi fungsi utama flywheel di mobil ini seperti piston ke-empat. Masih kurang juga? Ford juga memberikan engine mounting hidrolik untuk meredam getaran lebih baik lagi.

Tenaga mesin ini tercatat sebesar 125 Hp pada putaran 6.000 Rpm dan torsi 170 Nm yang linear pada Rpm 1.400 hingga 4.000 Rpm. Tenaganya memang paling besar di kelasnya, tetapi bukan itu yang menjadi perhatian kami, karena mobil ini memiliki torsi yang sangat besar di angka 170 Nm dan torsi puncaknya sudah didapat di angka putaran mesin 1.400 hingga 4.000 Rpm secara linear, sehingga mobil ini sangat bertenaga di putaran bawah.

Selain mesin, transmisi dan kaki-kaki mobil ini masih sama dengan Ford Fiesta S, meskipun begitu, transmisi Ford Fiesta S sudah dilengkapi dengan transmisi Powershift 6 percepatan automatic dengan plat kopling ganda (dual clutch), dan kita tidak akan menemukan transmisi seperti ini di kompetitor sekelasnya.

Untuk mendapatkan informasi dan pembahasan lebih lengkap dari mobil Ford Fiesta Ecoboost 2014 ini, bisa mengunjungi https://infomobilbekas.com/new-ford-fiesta-ecoboost-1-0-tahun-2014/