Kesalahan Cara Pasang Pipa Air Panas yang Harus Anda Hindari

Cara pasang pipa air panas memang tidak mudah. Bahkan, jika pemasangan dilakukan dengan sembarangan, pipa tidak bisa mengalirkan air panas dengan sempurna.

Oleh sebab itu, pemasangan pipa harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Namun, bagaimana jika ingin memasang pipa sendiri.

Hindari Kesalahan Cara Pasang Pipa Air Panas

Bila Anda ingin melakukan pemasangan pipa air panas sendiri tanpa menggunakan bantuan dari ahli. Tidak ada salahnya mempelajari berbagai kesalahan yang sering dilakukan orang awam ketika memasang pipa. Berikut beberapa kesalahan melakukan pemasangan pipa air panas yang harus dihindari, antara lain:

  1. Tidak melakukan pengecekan sebelum pemasangan

Sebelum melakukan pemasangan, lebih baik melakukan pengcekan terlebih dahulu. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah melakukan pemasangan tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Biasanya, karena menganggap pipa air panas yang dibeli merupakan produk yang berkualitas, pengecekan enggan dilakukan. Pengecekan bisa dilakukan dengan mengalirkan air biasa ke pipa tersebut.

Apakah terjadi kebocoran, jangan sasmpai karena lupa melakukan pengecekan, terjadi kebocoran dan mengakibatkan kerugian yang fatal.

  1. Tidak membaca buku petunjuk dengan baik

Meskipun Anda sudah melakukan pemasangan ini berulang kali, namun akan lebih baik membaca buku petunjuk sebelum melakukan pemasangan. Setiap merek pada dasarnya memiliki petunjuknya sendiri-sendiri.

Antara satu merek dengan merek yang lain bisa memiliki cara pemasangan berbeda-beda. Lebih-lebih untuk pipa air panas yang membutuhkan treatment atau cara pemasangan yang berbeda dari pipa biasanya.

  1. Memotong pipa dengan menggunakan sembarangan alat

Pemotongan pipa harus dilakukan dengan menggunakan alat khusus. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah melakukan pemotongan pipa dengan menggunakan sembarangan alat.

Pemotongan menggunakan sembarang alat membuat pipa tidak presisi, sehingga ketika akan disambung menyebabkan masalah atau bahkan lekukan. Oleh sebab itu ketika akan memotong, lebih baik gunakan pemotong khusus.

  1. Tidak memperhatikan standar pemasangan tertentu

Apakah Anda sering melakukan pemasangan pipa tanpa melihat standar. Mulai sekarang, lebih baik jauhi kesalahan seperti ini karena bisa memberikan dampak yang fatal seperti terjadi kerusakan, human eror, dan lainnya.

Untuk pipa air panas, sebenarnya memiliki standar pemasangan tersendiri yang berbeda dengan pemasangan pipa biasa. Contohnya saja jika Anda ingin memasang pipa di tempat dengan suhu rendah.

Atau, Anda ingin melakukan pemasangan pipa di tempat tertentu dengan membenamkannya, tentu saja treatment berbeda harus dilakukan sehingga nantinya pipa bisa awet dan bertahan lama.

Agar tidak terjadi kesalahan, tentu saja berbagai macam kesalahan di atas harus dihindari dengan baik. Namun, sebenarnya Anda bisa melakukan pemasangan tanpa repot jika memilih pipa air panas yang tepat. Salah satu rekomendasi pipa air panas yang dapat dijadikan sebagai pilihan adalah RUCIKA dengan produk RUCIKA KELEN GREEN.