Perbedaan Antara Aplikasi Web dengan Mobile

Berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat sepuluh tahun belakangan, jasa pembuatan aplikasi web maupun mobile semakin banyak dicari. Bahkan hingga banyak bermunculan perusahaan rintisan atau start-up di bidang pengembangan aplikasi web maupun mobile. Sehingga bidang ini akan semakin banyak dibutuhkan jasanya. Jika Anda tertarik menjadi seorang developer (pengembang), ketahui terlebih dahulu perbedaan antara aplikasi web dengan aplikasi mobile.

Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi berbasis web disebut pula dengan web base menggunakan basis teknologi berbentuk web browser, sehingga aplikasi ini akan berjalan jika ada browser dan koneksi internet. Aplikasi web ini bisa digunakan langsung tanpa perlu melakukan penginstalan, asalkan terhubung dengan jaringan internet serta tersedia peramban atau browser.

Karena syarat berjalannya hanya ketika tersedia jaringan internet dan browser, aplikasi web bisa diakses di berbagai jenis sistem operasi, mulai Windows, iOS, MacOS, hingga Android. Sehingga aplikasi ini dapat dijalankan melalui perangkat laptop, PC desktop, tablet, hingga smartphone. Bahkan, aplikasi ini juga tidak membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi.

Namun, supaya aplikasi web berjalan dengan baik, dibutuhkan jaringan internet yang stabil. Selain itu, aplikasi ini juga membutuhkan sistem keamanan yang memadai, utamanya pada server penyedianya yang harus dijaga dengan baik dan jangan sampai down yang akan mengganggu jalannya aplikasi web.

Aplikasi web berbeda dengan aplikasi desktop, meskipun aplikasi web bisa dijalankan pada desktop. Kalau aplikasi desktop memerlukan usaha penginstalan dahulu dan enaknya bisa berjalan tanpa jaringan internet. Ibarat penggunaan kalkulator, aplikasi desktop merupakan kalkulatornya, sedangkan aplikasi web adalah angka-angka perhitungannya. Meskipun aplikasi desktop yang digunakan untuk menjalankan aplikasi web hanya yang berjenis browser.

Aplikasi Berbasis Mobile 

aplikasi berbasis mobile semakin banyak bermunculan sejak semakin meluasnya penggunaan smartphone. Jadi, aplikasi ini hanya dikhususkan untuk perangkat smartphone dan hanya bisa berjalan pada perangkat ini. Tidak seperti aplikasi web yang bisa dijalankan di perangkat manapun, asalkan memiliki web browser dan ada jaringan internet.

Aplikasi berbasis mobile sebenarnya ada dua bentuk, yaitu aplikasi berbasis mobile web dan native apps. Aplikasi mobile web sebenarnya merupakan aplikasi web yang dijalankan pada perangkat mobile. Pengembangan ini dilakukan sebab penggunaan smartphone yang semakin meluas dan merambah berbagai kalangan.

Aplikasi mobile web ini memiliki tampilan sebagaimana tampilan web di desktop, namun dengan tampilan yang menyesuaikan layar smartphone yang sempit. Sehingga bisa dikatakan aplikasi ini merupakan aplikasi web dengan layanan mobile friendly. Jadi, Anda kini bisa bebas mengakses beragam situs web di manapun dan kapanpun tanpa ribet bawa-bawa laptop yang berukuran besar.

Sedangkan native apps merupakan aplikasi berbasis mobile yang lebih mirip dengan aplikasi desktop, sehingga untuk bisa menggunakannya dibutuhkan penginstalan aplikasi dahulu. Aplikasi ini bisa Anda peroleh secara gratis maupun berbayar melalui toko aplikasi seperti Apple Store untuk smartphone iOS atau Google Play Store untuk android.

Aplikasi mobile jenis native ini dalam penggunaannya membutuhkan proses persetujuan pengguna, misalnya untuk mengakses fungsi kamera atau penyimpanan hingga akses membaca kontak telepon dan identitas perangkat. Akses data ini berguna untuk memaksimalkan penggunaan fungsi atau fitur yang disediakan aplikasi mobile.

Aplikasi native mobile ini ada empat jenis, aplikasi yang 100% gratis, aplikasi gratis dengan tayangan iklan, aplikasi gratis instalasinya namun fiturnya berbayar, dan aplikasi yang berbayar instalasinya. Beberapa aplikasi mobile ada yang menggabungkan mobile web dengan native apps, ada pula yang asli native. Aplikasi mobile kebanyakan berjalan jika terhubung internet, namun ada pula yang tidak.

Itulah perbedaan antara aplikasi berbasis web dengan aplikasi mobile. Bila Anda mencari jasa pembuatan aplikasi mobile maupun web, pastikan pilih yang profesional di bidangnya.