Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Excel

Penggunaan Microsoft excel dalam kehidupan sehari hari sudah tidak asing. Kehadiran aplikasi tersebut sangat membantu meringankan beban pekerjaan ataupun tugas para penggunanya. Karena aplikasi ini dibekali dengan banyak sekali fungsi dan rumus, rumus yang sering dipakai pada aplikasi ini adalah rumus VLOOKUP, HLOOKUP, dan sebenarnya masih banyak rumus yang lain.

Untuk pembahasan kali ini, akan dibahas cara menggunakan Rumus VLOOKUP. Rumus ini sangat banyak kegunaannya, fungsi ini sudah ada sejak dari generasi awal diciptakan hingga versi yang terbaru saat ini. Fungsi rumus VLOOKUP excel merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu table referensi berdasarkan nilai tertentu. Seperti namanya, rumus VLOOKUP excel merupakan singkatan dari vertical lookup. Dapat diartikan bahwa rumus VLOOKUP dgunakan untuk mencari data secara vertical, karena di excel juga terdapat fungsi khusus untuk mencari data secara horizontal yaitu rumus HLOOKUP.

Berikut merupakan cara penulisan rumus VLOOKUP.

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num[range_lookup])

Keterangan dari rumus diatas adalah:

lookup_value : nilai yang akan dicari di kolom pertama table atau rentang.

table_array : table referensi yang ingin dicari datanya yang kolom pertamanya digunakan sebagai acuan untuk nilai lookup_value.

col_index_num : merupakan nomor kolom pada table_array yang ingin dicari datanya.

range_lookup : pilihan untuk menentukan nilai yang persis atau mendekati.

TRUE (1) untuk mencari nilai yang mendekati.

FALSE (2) untuk mencari nilai yang sama persis.

Jika range_lookup tidak diisi atu dikosongkan maka akan otomatis dianggap sebagai TRUE.

Contoh penerapannya seperti gambar berikut ini:

Pada gambar diatas kita mencari data nama dan alamat berdasarkan nomor urut, Digambar tersebut terlihat sel C13 sebagai lookup_value atau data yang ingin dicari, data ini berdasarkan kolom pertama kiri pada table referensi dan table referensinya (table_array) adalah sel B5 sampai D9.

Pada sel C14 karena kita ingin mencari data nama aka pada col_index_num-nya, caranya dengan memasukkan angka 2 karena pada kolom nama terletak di kolom kedua dari table referensi.

Pada sel C15 karena ingin mencari data alamat maka pada col_index_num-nya masukkan angka 3 pada kolom alamat terletak pada komom ketiga dari table referensi.

Pada range_lookup masukkan pilihan FALSE untuk menampilkan nilai yang sama persis, dan bila pada sel C13 dimasukkan angka yang tidak terdapat dalam kolom pertama table referensi missal dimasukkan angka 6 atau 7 maka hasilnya adalah #N/A. Berbeda jika mengganti FALSE dengan TRUE yang akan menampilkan nilai dari yang mendekati, missal masukkan angka 6 atau 7 maka hasil yang diperoleh adalah data dari angka 5 karena yang lebih dekat dari angka 6 atau 7 adalah angka 5, maka hasil yang diperoleh adalah Firman Jakarta.

Rumus VLOOKUP excel dapat diterapkan pada satu sheet yang sama, atau bisa juga diterapkan pada sheet yang berbeda baik memasukkan alamat sel langsung atau bisa juga dengan membuat define name.