Tips Merencanakan Perjalanan Wisata dan Sewa Jeep Bromo Dari Tumpang

Indonesia memiliki beragam tempat wisata alam yang menakjubkan. Tak perlu jauh-jauh dari ibukota, di Jawa Timur sendiri terdapat kawasan yang tergabung dalam BTS (Bromo – Tengger – Semeru) dengan keindahan panorama alam pegunungan beserta budaya adat yang masih kental. Jika memilih ke Bromo, Anda bisa sewa jeep Bromo dari Tumpang untuk kemudahan akomodasi.

Memilih dan Menyewa Jeep Sebagai Akomodasi Perjalanan

Jeep bisa dikatakan merupakan akomodasi atau transportasi wajib bagi wisatawan yang ingin mengunjungi spot-spot menarik di Bromo. Jeep 4×4 atau Hardtop memang cocok digunakan untuk mengarungi medan Bromo yang terjal dan berkelok-kelok. Apalagi jika hujan, jalanan akan menjadi sangat licin. Demi keamanan, pilih jeep dengan bak tertutup dan dalam kondisi fisik yang prima.

Destinasi Wisata Pilihan Dari Jalur Tumpang

Bromo terkenal sebagai tempat wisata untuk menikmati fenomena matahari terbit dari ufuk timur. Jika Anda memilih jalur Tumpang, berkunjunglah ke spot Penanjakan 1 atau seruni point untuk menyaksikan sunrise. Atau Anda juga bisa memilih Bukit Cinta atau Bukit Kingkong sebagai spot untuk menyaksikan semburat kuning keemasan matahari terbit.

Selain menyaksikan matahari terbit, Bromo juga menyimpan panorama yang indah dengan padang rumput yang membentang luas dan beberapa bunga-bungaan, dengan berkunjung ke spot Bukit Widodaren, Padang Savana, atau Bukit Teletubbies. Pulangnya, Anda bisa singgah ke spot maskot Bromo, seperti Pura Poten, Kawah Bromo, dan lautan Pasir Berbisik.

Harga Sewa Jeep dari Tumpang

Jalur Tumpang ini termasuk yang memiliki medan sulit. Bagi Anda yang suka kegiatan ekstrim, ke Bromo lewat jalur ini sangatlah pas untuk menguji adrenalin. Karena hal tersebut, harga sewa jeep melalui jalur Tumpang sedikit lebih mahal. Jika Anda ingin mengunjungi 4 spot wisata di Bromo, biaya sewa jeep sekitar Rp 850.000 hingga Rp 110.000 (saat musim liburan). Jika ingin mengunjungi hingga 7 spot, harga sewanya mulai Rp 1.100.000 – Rp 1.300.000 per mobil.

Perencanaan Jadwal Perjalanan ke Bromo Lewat Jalur Tumpang

Pada pukul 1.00 dini hari, penumpang berkumpul. Kemudian pukul 1.30 perjalanan dimulai dan menuju spot Penanjakan untuk berburu sunrise, dan perkiraan sampai lokasi pukul 3.30. Setelah puas menikmati matahari terbit, pada pukul 6.00 perjalanan dilanjutkan menuju Bukit Teletubbies dan estimasi sampai setengah jam kemudian.

Perjalanan dilanjutkan pada pukul 7.20 ke spot Pasir Berbisik dan memakan waktu 10 menit sampai lokasi. Lalu, pukul 8.00 menuju Kawah Bromo dan Pura Poten. Untuk sampai kedua lokasi tersebut, bisa jalan kaki atau naik kuda dari lokasi parkir jeep. Kemudian pukul 10.00 lanjut ke bukit Widodaren.

Begitulah kiranya destinasi wisata di Bromo, rencana jadwal perjalanan, hingga harga sewa jeep Bromo dari Tumpang. Jalur ini termasuk yang terfavorit bagi kebanyakan wisatwan karena dekat dari Kota Malang, meskipun medannya agak ekstrim.